6 Manfaat Minyak Bumi dalam Kehidupan Sehari-hari

6 Manfaat Minyak Bumi dalam Kehidupan Sehari-hari

Sebagian besar masyarakat pasti mengenal minyak bumi. Kegunaannya begitu penting dalam segala aktivitas umat manusia. Minyak bumi sendiri menjadi salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Adapun minyak bumi sangat berperan dalam perkembangan pesat dalam sejarah manusia. Sumber daya alam ini jadi hal yang sangat sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari manusia. Untuk mengetahuinya secara lengkap, simak uraiannya di bawah ini.

Pengertian Minyak Bumi

Berdasarkan buku Minyak Bumi Membuat Dunia Terkesima, minyak bumi diartikan sebagai cairan pekat yang berada di lapisan atas kerak bumi. Untuk bisa mendapatkannya, diperlukan ilmu geologi dalam mencari letak atau lokasi keberadaannya.

Sementara itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), minyak bumi ialah minyak yang ditambang dari bumi, seperti minyak tanah, bensin dan kerosin. Jika mengutip National Geographic, minyak bumi sendiri berasal dari sisa-sisa organisme yang terkubur dan berubah menjadi zat karbon selama jutaan tahun.

Masih mengutip buku yang sama, minyak bumi pertama kali ditemukan pada 5.000 tahun sebelum masehi oleh bangsa Babilonia Kuno dan Sumeria. Namun, barulah pada akhir abad ke-19 industri minyak bumi mulai berkembang di Amerika Serikat.

Perlu diketahui, untuk bisa jadi suatu produk yang bisa digunakan, minyak perlu melalui proses yang amat panjang. Pada awalnya produk, minyak bumi hanyalah kerosin (minyak tanah), kemudian berkembang menjadi berbagai macam produk, seperti:

Produk yang mudah menguap, seperti LPG (Liquified Petroleum Gases)

Minyak ringan, seperti bensin, bahan bakar jet, kerosin

Destilat, seperti bahan bakar diesel

Minyak pelumas

Gemuk (grease)

Malam parafin

Residu, seperti minyak residu, kokas, dan aspal

Manfaat Minyak Bumi

Seperti yang telah dijelaskan bahwa produk minyak bumi sudah beragam, dan saat ini begitu banyak digunakan oleh manusia dalam berbagai macam aktivitas. Lalu, apa saja manfaatnya bagi kehidupan manusia, sebagai berikut:

1. Bahan Bakar Kendaraan

Manfaat pertama minyak bumi adalah sebagai bahan bakar kendaraan pribadi dan tentunya juga berbagai macam kendaraan umum. Pada saat ini penggunaan minyak bumi sebagai bahan bakar kendaraan masih masif.

2. Gas Cair

Seperti yang telah dijelaskan di atas, salah satu produk minyak bumi ialah gas cair atau LPG (Liquified Petroleum Gases). Penggunaan gas cair atau LPG ini berguna dalam kebutuhan dapur, seperti memasak makanan.

3. Pembangkit Listrik

Dalam pembangkit listrik, minyak bumi digunakan sebagai sumber yang mampu menggerakkan kumparan magnet pada turbin agar bisa menghasilkan listrik yang digunakan jutaan rumah dan gedung-gedung lainnya.

4. Sumber Bahan Serat

Selanjutnya minyak bumi juga penting dalam pembuatan bahan serat, seperti rayon, polyester, nilon dan bahan tekstil sintetis lainnya. Adapun bahan tekstil ini bermanfaat untuk membuat pakaian.

5. Keperluan Rumah Tangga

Sejumlah perlengkapan rumah tangga yang terbuat bahan alumunium, baja dan besi. Umumnya dibentuk dengan cara memanaskan ketiga bahan itu menggunakan minyak bumi, agar menjadi suatu perlengkapan rumah tangga.

Postingan populer dari blog ini

Peta Indonesia Lengkap dengan Nama Provinsi di Dalamnya

Begini Cara Memainkan Alat Musik Kecapi yang Mirip seperti Gitar

Cara Mengatasi You Need Permission to Perform This Action